Jumat, 13 Juli 2012

macam dan jenis bahan kaos


Banyak diantara kita yang tidak tahu bahan kaos yang tiap hari kita pakai, padahal ada banyak macam dan jenis bahan kaos,disini kita akan bahas satu persatu.


1.       Cotton Combed

Bahan ini terbuat dari 100% serat kapas alam,Ciri-cirinya adalah:
§  Teksturnya halus
§  Adem,dingin saat dipakai
§  Menyerap keringat
Cotton Combed sendiri banyak macamnya dipasaran atau di toko kain,berdasarkan ukuran benang yang digunakan dan setting gramasinya 20s, 24s, 30s, 32s dan 40s. Hal yang membedakan adalah ketebalan kain itu, 20s adalah yang paling tebal dan berikutnya adalah lebih tipis. Cotton combed biasanya digunakan untuk pembuatan kaos distro dan kaos-kaos yang mengutamakan kenyamanan saat dipakai.












2.       Cotton Carded
Cotton Carded juga terbuat dari 100% serat kapas alam,yang membedakan dengan cotton combed adalah saat finishingnya di pabrik,ciri-ciri cotton carded:§  Teksturnya agak halus
§  Lumayan adem saat dipakai
§  Menyerap keringat
Berdasarkan ketebalannya Cotton Carded ini juga terbagi dari 20s, 24s dan 30s dan biasanya digunakan untuk pembuatan kaos menengah,sebutannya KW1 dan harganya lebih murah dari Cotton Carded.















3.       CVC (Cotton Viscose)
Jenis bahan kaos  ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat














4.       TC (Teteron Cotton)
Seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan katun dan Polyester, salah satunya adalah TC. Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasa  panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat, namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.












5.       PE (Polyester)
Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil olahan minyak bumi untuk dibuat serat poly fiber dan untuk produk biji plastik. Karena sifat bahan dasarnya, maka jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan dipakai serasa panas. Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar dan tidak bisa menyerap keringat .Biasanya digunakan untuk pembuatan kaos sepeda gembira,kaos wisata dll.














6.       HYGET
Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai.















Ø  JENIS RAJUTAN UNTUK BAHAN KAOS
ü  Single Knitt (20s, 24s, 30s dan 40s)
S berarti single knittRajutan benangnya adalah single,dan penggunaannya hanya 1 permukaan saja tidak bisa di bolak-balik,terlihat lebih rapat dan padat,nah..sebagian besar kaos yang ada dipasaran adalah Single Knitt ini

ü  Double Knitt (20d, 24d, 30d dan 40d)
D berarti double knittRajutan benangnya adalah Double,dan penggunaannya bisa 2 permukaan artinya bisa di bolak-balik,terlihat kurang rapat dan lentur,sebutan lainnya adalah interlock. Biasanya dipakai untuk kaosbayi dan anak-anak





Ø  JENIS BENANG UNTUK BAHAN KAOSKeterangan Mengenai jenis Bahan kaos Sangat penting untuk diketahui tentang jenis benang atau bahan kaos yang akan kita gunakan, berkaitan dengan ketebalan atau gramasi bahan kaos itu sendiri.


1. Bahan Kaos 20’S 
Biasanya memiliki gramasi atau berat bahan kaos antara 180 sampai dengan 220 grm/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.


2. Bahan Kaos 24’S 
Biasanya memiliki gramasi atau berat bahan kaos antara 170 sampai dengan 210 grm/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt.


3. Bahan kaos 30’S
Biasanya memiliki gramasi atau berat bahan kaos antara 140 sampai dengan 160 grm/m2 persegi untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 210 sampai dengan 230 grm/m2 untuk jenis rajutan Double Knit.


4. Bahan Kaos 40’S 
Biasanya memiliki gramasi atau berat bahan kaos antara 110 sampai dengan 120 grm/m2 untuk jenis rajutan Single Knitt atau Gramasi 180 sampai dengan 200 grm/m2 untuk jenis rajutan Double Knitt.

1 komentar: